Kami adalah salah satu PLIK yang akan setia menggunakan LINUX, semua artikel di blog ini di khususkan untuk pengguna LINUX, PLIK KRAMAT Pro Open Source

Cara Membuat Linux USB OS Installer

Tidak sedikit orang yang merasa direpotkan jika mau install ulang PC, masalah ini dominan di karenakan CD/DVD drive sudah lama, kurang lancar dalam membaca CD/DVD OS installernya. Masalah ini juga pernah di alami kami, sebagai operator PLIK Kramat. Untungnya di OS Linux Ubuntu PLIK menyediakan aplikasi untuk membuat Linux USB OS Installer, apa itu ? yah dengan USB OS Installer, memungkinkan kita untuk mengintall OS Linux melalui USB, jadi kita tidak tergantung lagi dengan CD/DVD Drive. memang ada 1 kendala yang fatal, yaitu tidak semua PC support dengan fitur USB Installer, termasuk PC PLIK Kramat, yaitu merk Lenovo, untungnya beberapa bulan yang lalu, PLIK Kramat telah menambah PC Client Baru, walaupun PC Rakitan, tapi sudah support USB Installer,  setelah di cek ternyata menggunakan BIOS keluaran tahun 2013. Jadi jika anda ingin membeli PC sebaiknya tanyakan ke penjualnya apakah support USB Installer atau versi BIOS-nya.

Okeh, kembali ke pokok pembahasan. Jika anda menggunakan Linux Ubuntu 11.04 ( mungkin di  versi  lain juga sama )  begini caranya :
1. Siapkan file OS linux distro apa saja ( harus format iso )
2. Siapkan Flashdisk kosong minimal 4 Gb
3. Klik System - Administration - Startup Disk Creator, akan muncul seperti di bawah ini


4. Klik Other - pilih file iso Linux installernya
5. Klik Erase Disk, setelah proses selesai klik flashdisk yang aktif
6. Klik Make Startup Disk, tunggu sampai proses selesai 

Tidak ada komentar: